Cara Sablon Kaos Manual dengan Efek Glitter

Sablon menggunakan tinta glitter merupakan teknik sablon yang inovatif. Efek dari tinta glitter ini adalah desain yang disablon menjadi menyala atau gemerlap. Ada dua jenis glitter yaitu tinta glitter dan vinil glitter. Untuk sablon pada kaos direkomendasikan menggunakan vinil glitter, karena kaos yang disablon menggunakan vinil glitter hasilnya akan lebih menarik. Kaos dengan teknik sablon glitter ini biasanya dipakai untuk hl-hal khusus seperti untuk pesta ulang tahun, pesta lajang dan lain-lain, karena penampilan kaos dengan sablon glitter bisa menarik orang lain karena gemerlapnya desain pada kaos.

Sablon glitter ini bisa diaplikasin pada produk-produk garment seperti kaos, kaos polo, dan produk garmen yang lain. Langkah-langkah sablon kaos manual dengan teknik glitter sebagai berikut:

1.    Seperti halnya proses sablon jenis lain, yang pertama adalah membuat film desain pada screen di ruang gelap.

2.Setelah screen selesai langkah kedua adalah membuat campuran tinta. Formula berikut ini bisa menjadi panduan: Rubber paste 70%, Fixer 2%, Glitter 28%. Formula itu bisa diubah-ubah tergantung desain yang ingin disablon.

3.      Persiapkan meja sablon dan setting screen pada meja sablon.

4.  Persiapkan kaos yang akan disablon, letakkan diatas meja sablon. Pastikan kaos dalam kondisi rata tidak berkerut atau terlipat karena hal itu akan mempengaruhi kualitas sablon.

5.  Tuangkan tinta yang sudah dicampur dengan glitter diatas screen kemudian aplikasikan tinta menggunakan squeege.

6.Setelah proses sablon kaos selesai, gantungkan (angin-anginkan) kaos dan biarkan selama 15 menit.

7.Setelah itu proses pemanasan, agar tinta glitter kering sempurna. Agar hasil sablon sempurna gunakan pemanas yang menggunakan konveyor berjalan. Setting panas pada suhu 160oC dengan kecepatan konveyor 3meter/menit.

8.      Kaos desain glitter siap dipasarkan.

Kaos dengan desain menggunakan tinta glitter disukai oleh anak-anak muda karena image yang tersablon di kaos gemerlap. Bila dikenakan di tempat gelap atau malam hari maka desainnya akan bercahaya.

sablon-glitter-1 sablon-glitter-2

Tinta glitter tersedia dalam beraneka warna seperti violet, green, black, sweet pink, fuschia, silver dan gold. Dua warna terakhir yaitu silver dan gold paling sering digunakan karena efek warnanya yang lebih terang dan gemerlap pada malam hari atau di tempat gelap.

Biasanya harga kaos dengan desain menggunakan tinta glitter lebih mahal dari kaos dengan sablon tinta rubber atau plastisol, hal ini disebabkan harga tinta glitter yang lebih mahal. Agar kaos dengan desain tinta glitter bisa terserap pasar akan lebih baik bila ditujukan untuk komunitas yang menjadikan penampilan keren dan eksistensi sebagai prioritas. Desain logo atau image yang merepresentasikan sebuah komunitas bisa menjadi pertimbangan. Karena untuk memperlihatkan eksistensi sebuah komunitas, desain dengan tinta glitter bisa mengundang perhatian banyak orang.

Sumber: http://andalasclothing.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.