Cara Sablon Kaos Manual dengan Teknik Foaming/Sablon Timbul

Artikel ini membahas langkah-langkah untuk menyablon kaos dengan teknik foaming/puff atau timbul. Ketika teknik sablon ini pertama  keluar, orang-orang seperti melihat sulap. Bagi pengusaha sablon kaos teknik sablon timbul ini menjadi rahasia, mereka tidak dengan begitu saja memberikan teknik dan cara menyablon dengan teknik ini begitu saja.

Biasanya untuk mengikuti kursus sablon dengan teknik foaming/timbul ini cukup mahal. Dalam artikel ini akan diterangkan bagaimana cara dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyablon kaos dengan teknik foaming/timbul.

Material

  • Tinta Excalibur 500 Series (warna tergantung dengan desain)
  • Aditif Puff Excalibur PF-97

Persiapan tinta

  • Tambahkan aditif puff PF-97 sebanyak 20% – 30% dari berat tinta Excalibur 500 Series, kemudian aduk tinta dengan aditif hingga benar-benar merata.
  • Tips: Kelebihan tinta Excalibur 500 Series yang telah dicampur dengan aditif puff jangan dibuang tetapi simpan dalam tempat khusus (jar) dan berikan label untuk identifikasi warna dan berapa % aditif yangg dicampurkan ke dalam tinta. Sehingga bila nanti akan digunakan lagi untuk menyablon mudah untuk mengidentifikasinya.

Persiapan Screen

  • Proses mempersiapkan screen menjadi faktor paling penting dalam teknik sablon timbul. Karena jadi atau tidaknya sablon timbul/foaming akan sangat tergantung dari ketebalan emulsi film.
  • Gunakan screen dengan mesh 110 dan emulsi mesh 16%, tujuan menggunakan screen dan emulsi film yang besar adalah agar  menghasilkan tinta yang tebal sehingga hasil sablon pada kaos akan timbul.
  • Anda bisa menggunakan screen dengan spesifikasi mesh 80 – 160/inch (32T – 64T cm), tergantung dari detail desain yang akan anda sablon ke kaos. Perhatikan bahwa sablon timbul akan meyebabkan tinta melebar, jadi sisi pada desain bisa jadi tidak sama persis dengan hasil aktualnya karena hasil sablon akan lebih melebar.

Cara Menyablon

  • Tuangkan tinta pada screen sesuai dengan ketebalan yang diinginkan tercetak pada kaos. Padatkan tinta menggunakan spatula, pastikan kuantitas tinta cukup untuk membuat sablon timbul.
  • Tarik tinta dengan squeege pastikan ketinggian sesuai dengan yang diinginkan. Bila ketinggian sablon belum cukup tebal bisa diulangi dengan menggunakan screen yang sama.
  • Direkomendasikan dalam membuat desain untuk area yang timbul dibuat lebih kecil sehingga saat disablon bagian yang timbul tidak menjadi lebih besar dari yang diinginkan. Atau bila desain dibuat dengan besar yang sama dengan yang tersablon maka bagian desain dibuat lubang-lubang kecil atau titik-titik sehingga hasil sablon tidak menjadi lebih lebar.

Screen-Printing-Puff1

Untuk mendapatkan sablon foaming atau sablon timbul diperlukan keahlian dan ketelitian yang yang lebih dibandingkan dengan sablon rubber atau plastisol. Karena tingkat seni artistik yang dihasilkan dari sablon timbul ini juga lebih kelihatan menarik.

Sumber: http://andalasclothing.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.