Mengenal Sablon Kaos dengan Bahan Poliflex

sablon-polyflex sablon-polyflex-1

Jenis sablon kaos yang saat ini sedang bekembang adalah sablon kaos menggunakan bahan poliflex. Poliflex adalah salah satu bahan elastis yang bisa digunakan untuk sablon kaos atau jersey. Poliflex berbentuk lembaran dan mirip kertas stiker. Untuk itulah poliflex atau kertas flex ini sering juga disebut stiker poliflex. Sablon dengan poliflex akan tahan bertahun-tahun karena poliflex memiliki daya rekat yang kuat melekat pada kain.

Bahan poliflex dibedakan berdasarkan permukaannya, antara lain: poliflex standar, poliflex gold dan silver, poliflex reflektif, poliflex glitter, poliflex fosfor, poliflex warna solid, poliflex flock beludru (digunakan dalam sablon flocking beludru). Aneka jenis poliflex ini memiliki perbedaan jenis pisau potong. Pemotongan poliflex menggunakan mesin khusus. Mesin potong ini sering disebut mesin cutting stiker, mesin cutting potter atau mesin vinyl cutter. Poliflex ini berharga cukup mahal demikian juga dengan mesin cutting stikernya. Untuk itulah bisanya, jasa cutting stiker ini menghitung tarif potong yang dihitung per sentimeter.

Sablon dengan bahan poliflex lazim digunakan untuk kaos polos bahan kain polyster atau kaos polos TC. Hanya poliflex flock beludru yang baik dan cocok digunakan untuk kaos polos bahan cotton. Sablon poliflex ini tidak boleh disetrika tepat di atasnya karena akan rusak. Sablon dengan bahan poliflex ini biasanya digunakan untuk kaos olah raga atau jersey tim olah raga.

Lalu, bagaimana proses cetak sablon dengan bahan poliflex? Sablon dengan bahan poliflex dilakukan dengan teknik sablon digital. Alat yang harus disiapkan adalah:

  1. Printer khusus dengan tinta sublimation
  2. Kertas poliflex
  3. Mesin cutting stiker
  4. Mesin heat press
  5. Kaos polos TC atau kaos polos cotton combed.

Berikut adalah proses dalam sablon dengan bahan poliflex:

1.Siapkan desain, gunakan fungsi mirror dan cetak di kertas poliflex menggunakan printer

2. Potong desain yang telah dicetak dengan mesin cutting stiker

3. Letakkan pola yang telah dipotong di kaos polos yang akan disablon dengan gambar menghadap kain

4. Press dengan mesin heat press. Proses ini adalah pemanasan untuk menempelkan desain pada kain. Temperatur mesin pada kurang lebih seratus delapan puluh derajat Celcius selama beberapa detik. Melalui pemanasan ini, lem stiker poliflex akan melekat sempurna.

5. Biarkan dingin sejenak, dan lepas kertas stiker perlahan.

Proses sablon dengan bahan poliflex ini relatif mudah dan cepat dilakukan. Hanya saja memerlukan modal besar untuk pengadaan mesin-mesin yang diperlukan, terutama mesin cutting stiker. Selain itu bahan poliflex juga mahal. Namun, saat ini banyak terdapat jasa cutting stiker yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya produksi. Andalas Clothing sebagai perusahaan yang menyediakan jasa sablon kaos profesional siap membantu kebutuhan untuk pembuatan sablon kaos pesanan Anda. Jadi, jika anda hendak membuat sablon kaos, jangan ragu untuk menghubungi kami ya.

Sumber: http://andalasclothing.co.id

Comments are closed.