Sablon Kaos dan Bisnis Clothing Artis-Artis Indonesia
Sukses berkarir dalam dunia hiburan tanah air bukan menjadi alasan bagi sejumlah artis untuk menggantungkan penghasilan dari dunia keartisan semata. Banyak diantara artis Indonesia yang kemudian merambah dunia sablon kaos dan bisnis clothing demi mendapatkan tambahan penghasilan sekaligus mengasah skill berbisnis. Salah satu bidang yang banyak diminati oleh para artis ini adalah fashion, tak dipungkiri jika penampilan menjadi daya tarik tersendiri bagi para selebriti untuk menunjukkan jati diri dan eksistensinya di jagat hiburan tanah air. Penampilan para artis ini kemudian menjadi trend fashion bagi masyarakat khususnya para penggemar, sehingga tak heran jika bisnis clothing kaos para artis banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak artis yang sukses dalam bisnis clothing kaos di Indonesia, berikut ini adalah beberapa diantaranya.
Raffi Ahmad dengan brand RA Jeans
Meski masih terbilang baru, namun bisnis clothing line milik Raffi Ahmad ini sukses menarik perhatian pecinta fashion tanah air. Mengusung brand RA Jeans yang merupakan singkatan dari nama Raffi Ahmad, bisnis kaos ini diharapkan bisa menyasar semua segmen lapisan masyarakat dengan kisaran harga yang relatif terjangkau, yaitu Rp 79 ribu-Rp 109 ribu. Dengan prospek yang cukup bagus, ke depannya bisnis clothing line milik Raffi juga akan merilis produk RA Junior untuk menyasar segmen anak-anak. Untuk urusan Brand and design Developent, Raffi mempercayakan hal itu kepada Sumaira Irfan yang menjamin semua produk menggunakan bahan yang berkualitas meski dijual dengan harga yang terjangkau. Untuk pemasarannya, selain membuka toko di kawasan Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, RA Jeans lebih dulu dipasarkan secara online melalui perusahaan belanja online terpercaya dan website resminya yaitu www.RAJeans.co.id.
Eno Netral dengan brand Racerkids
Mengusung nama brand Racerkids, drumer Netral ini telah memiliki toko distro dengan kapasitas produksi mencapai 300 kaos per bulannya. Dibangun sejak tahun 2001, bisnis clothing kaos musisi yang satu ini hanya bermodalkan Rp 10 juta di awal bisnisnya dengan sistem konsinyasi. Dengan menampilkan konsep simple namun trendi, kaos produksi Racerkids bisa dikenakan sehari-hari namun juga tetap keren untuk manggung. Harga jual yang dipatok untuk setiap produk kaos Racerkids berkisar antara Rp 100 ribu-Rp 150 ribu. Yang menarik, produksi kaos Eno Netral merupakan limited edition karena Eno menginginkan pembeli produknya adalah orang yang selektif dan tidak ingin pasaran turun hanya karena diproduksi dalam jumlah yang banyak. Saat ini toko distro milik Eno berada di Jalan Tebet Barat Dalam Raya No 12 Jakarta Selatan.
Tantri Kotak dengan brand TSI
Bekerjasama dengan beberapa designer muda, Tantri Kotak merambah dunia bisnis clothing kaos dengan brand TSI. Dengan konsep Limited edition, harga jual untuk setiap kaos produksinya berkisar antara Rp 200 ribu-Rp 300 ribu sebagai bentuk penghargaannya pada para designer yang telah menuangkan kreativitasnya dalam bentuk design kaos. Untuk designnya sendiri, vokalis Kotak yang bernama asli Tantri Syailindri Ichlasari ini lebih mengutamakan design yang simpel dan kasual sesuai dengan selerannya selama ini. Selain dipasarkan melalui sistem konsinyasi dengan beberapa distro di Jakarta, kaos TSI juga dijual secara online melalui jaringan media sosial milik Tantri dan teman-teman dekatnya.
David Naif dengan brand Unionwell
Diawali dengan penjualan produk melalui online di tahun 2013, bisnis clothing kaos milik David Naif telah memiliki toko di Jalan Progo 1 Bandung yang bukan hanya menjual pakaian saja tetapi juga dilengkapi dengan Coffe shop dan motor klasik beserta aksesorisnya. Dengan design manual dan handmade, produk Unionwell milik David banyak diminati pasaran, bahkan peminatnya juga berasal dari luar negeri seperti Amerika dan Perancis.
Sebagai public figure, keberadaan para selebriti tanah air menjadi magnet tersendiri. Dengan sablon kaos yang mengenakan brand milik sendiri bisa menjadi media promosi yang cukup efektif untuk mengenalkan dan menawarkan brand clothing milik mereka. Termasuk dalam hal ini adalah promosi di media sosial.
Sumber: http://andalasclothing.co.id