Sablon Kaos Dengan Design Kaos Kata Atau Gambar ?

Sablon Kaos dengan Design Kata dan atau Gambar

sablon kaosDesign pada sablon kaos memiliki peran yang sangat penting dalam penyampaian pesan secara kepada orang lain.  Karakteristik design yang unik, menarik dan mudah dipahami menjadi salah satu syarat untuk bisa menyampaikan pesan secara efektif sehingga memberikan pemahaman kepada orang lain yang melihatnya. Pada dasarnya design kaos bisa dikategorikan dalam dua jenis: design dengan dominasi kata-kata dan design dengan dominasi gambar. Lalu design kaos manakah yang lebih efektif dalam menyampaikan pesan, apakah kata atau gambar?  Berikut ini ulasan lengkapnya untuk kamu.

Pada dasarnya sebuah design akan menjadi efektif dalam menyampaikan pesan jika mampu memberikan pemahaman secara mudah kepada orang lain yang melihatnya, baik itu design kaos berupa kata ataupun gambar.  Ada banyak elemen yang wajib diaplikasikan agar design kaos efektif dalam menyampaikan pesan, diantaranya adalah seperti berikut ini:

Jika design hanya fokus pada kata-kata maka akan lebih efektif jika memilih font atau jenis huruf yang tepat.  Sebagai contoh jika pesan yang disampaikan bersifat profesional maka sebaiknya menggunakan jenis huruf yang elegan dan tegas, penggunaan jenis huruf dengan karakter fun dan ceria sebaiknya dihindari.  Pemilihan font yang unik dan sulit untuk dibaca justru akan menghilangkan minat orang lain untuk mengetahui lebih jauh isi pesan dalam design kaos tersebut.

Selain pemilihan huruf, penting juga untuk fokus pada pesan yang ingin disampaikan agar lebih mudah terbaca dan dipahami oleh orang lain.  Pada pesan profesional, kerapian tulisan termasuk grid antar teks sangat penting karena akan terlihat lebih menarik daripada teks yang berantakan.  Selain itu penggunaan font yang berlebihan justru akan mengaburkan isi pesan sehingga sulit untuk tersampaikan dengan baik.

Penggunaan kata dalam design untuk menyampaikan pesan agar lebih efektif juga harus memperhatikan jarak antar huruf atau kerning, dan bentuk teks yang proporsional.  Selain itu penting juga untuk mempertimbangkan komposisi warna design dengan warna bahan kaos agar teks bisa terbaca dengan baik, pemilihan warna kontras yang baik akan membuat teks mudah terbaca sehingga pesan bisa sampai dengan baik.  Sedangkan pemilihan warna kontras yang tidak pas justru akan mengaburkan pesan dan tidak menarik untuk dilihat sehingga pesan tidak dapat tersampaikan dengan baik secara visual.

Teks dengan kata-kata yang cukup banyak akan lebih efektif jika diletakkan dalam sebuah ruang yang tidak terlalu lebar agar pembaca tidak kehilangan fokus ketika membaca barisan teks yang tertulis dalam design kaos.  Memberikan ruang kosong di sekitar teks akan membantu penekanan pada teks itu sendiri sehingga lebih mudah terbaca dan dipahami oleh orang lain.

Dalam hal penyampaian pesan, design dengan kata-kata lebih mudah dan cepat untuk dicerna dibandingkan dengan design bergambar.

Namun, dari segi artistik dan keindahan, design bergambar jauh lebih baik dibandingkan design kata-kata. Faktor ini menjadi penting karena jika orang suka dengan kaosnya maka pesannya akan bertahan dalam waktu yang lama.

Jika design berfokus pada gambar, harus dipastikan gambar tersebut menyampaikan pesannya dengan benar. Jangan membuat gambar yang multi tafsir atau bahkan abstrak sehingga pesan susah ditangkap. Media kaos memiliki kelemahan yaitu hanya dilihat dalam waktu singkat. Pelihat kaos harus bisa menangkap pesan dalam design kaos dalam waktu 3-4 detik saja. Dalam waktu singkat tersebut pesan harus bisa ditangkap. Oleh karena itu, gambar yang terlalu rumit atau absrak tidak direkomendasikan jika kaos memang bertujuan menyampaikan pesan. Namun jika kaos dianggap sebagi media seni, tentu ceritanya lain lagi.

Jika design memadukan unsur teks dan gambar maka pesan bisa disampaikan secara efektif dengan pemilihan gambar yang menarik dengan teks yang mudah untuk dibaca dan dipahami.  Gambar yang diaplikasikan dalam design kaos harus eye catching sehingga menarik minat orang lain untuk memperhatikan dan pada akhirnya mau membaca informasi secara detail pada kaos.

Penggunaan warna-warna yang dominan dan kontras akan sangat membantu dalam menarik minat orang lain untuk memperhatikan pesan dan informasi yang diaplikasikan pada kaos.  Pemilihan warna pun tidak boleh hanya berdasarkan kesukaan saja, tetapi juga mempertimbangkan audience yang akan dituju untuk penyampaian pesan tersebut agar lebih efektif.  Dalam hal ini pemilihan warna bisa disesuaikan dengan tema yang akan diangkat dan warna dasar bahan kaos yang digunakan.

Sebagai media yang bisa menyampaikan pesan dalam bentuk bentuk informasi, ekspresi maupun identitas, design sablon kaos bisa sangat bervariasi.  Pesan dalam design sablon kaos akan lebih efektif jika disampaikan dalam bentuk yang simpel, menarik dan mudah untuk dipahami.

http://andalasclothing.co.id