Sablon Kaos dengan Tinta Superwhite untuk Kaos Berwarna Gelap

Kreatifitas dan inovasi sangat penting dalam industri screen printing.  Dengan penerapan teknik baru yang mampu menimbulkan efek tertentu, aplikasi sablon bisa terlihat lebih menarik.  Ada beberapa teknik yang cukup populer saat ini, seperti misalnya teknik cetak dengan kesan distressed ataupun vintage (kuno) dengan tinta efek khusus.  Seperti pada sablon kaos dengan tinta superwhite, dimana tinta ini mampu menciptakan hasil sablon yang terkesan lembut, terutama pada kaos warna gelap.

Jenis tinta superwhite sebenarnya adalah sebuah inovasi dari suplier tinta yang menginginkan hasil sablon seperti tinta pigment namun bisa diaplikasikan pada kain warna gelap.  Karena biasanya tinta pigment lebih cocok untuk diaplikasikan pada kaos dengan warna terang.

Tinta superwhite banyak digunakan untuk memberikan kesan vintage atau grunge yang samar-samar dengan karakteristiknya yang lembut.  Meskipun memiliki karakter yang lembut, namun tinta ini bisa diaplikasikan pada kaos berwarna gelap.  Tinta ini juga sering digunakan pada teknik gradasi yang biasanya sulit didapatkan pada tinta rubber.

Secara umum sablon kaos dengan tinta superwhite memiliki sifat yang hampir sama dengan tinta extender, dengan karakteristik yang mampu menyatu dengan kain.  Namun jenis tinta superwhite cenderung tidak mampu menutup permukaan kain secara sempurna walaupun telah dilakukan pencetakan berulang kali.

Salah satu keunikan dari tinta sablon superwhite adalah memiliki pantone warna yang tidak terlalu solid.  Itulah mengapa jenis tinta ini banyak diaplikasikan untuk pembuatan kaos dengan tema old school atau vintage.  Sebagai contoh, ketika mencetak tinta superwhite pada kain hitam, hasil sablon tidak akan berwarna putih susu melainkan lebih ke arah putih gading atau semi kuning.  Hal ini lebih disebabkan oleh adanya penurunan pantone warna sehingga warna cenderung meredup.

Sesuai dengan bahannya, jenis tinta superwhite masuk ke dalam kategori tinta waterbase sehingga mampu menyerap ke dalam serat kain.  Tekstur tinta yang lembut akan mengikuti permukaan bahan sehingga terasa lebih lembut.  Salah satu kelebihan tinta superwhite adalah tidak mudah rusak meskipun disetrika pada area sablonnya.

Berbeda dengan tinta rubber yang mampu menutup kain dengan sempurna karena berbahan dasar karet, jenis tinta superwhite cenderung menghasilkan cetakan yang tidak terlalu tebal dan menyatu dengan kainnya.  Sehingga nyaris tidak terasa ketika diraba dan lembut atau soft handfeel.

Untuk lebis jelasnya, berikut ini adalah beberapa kelebihan sablon dengan tinta superwhite:

  • Bisa digunakan untuk menutup warna dasar kain.
  • Karakteristik sablon sangat tipis dan mampu menyatu dengan serat kain.
  • Hasil sablon sangat lembut sehingga mampu memberikan efek nyaman pada kaos ketika dikenakan.
  • Mampu merekat dengan kuat dan tidak mudah rusak, bahkan ketika disetrika sekalipun.
  • Harga bahan sablon superwhite relatif terjangkau sehingga cukup ekonomis.

Untuk mendapatkan hasil sablon yang sempurna, sangat dianjurkan mencetak sablon superwhite menggunakan screen dengan kerapatan di atas T77.  Dengan kerapatan yang tinggi hasil cetak bisa lebih tipis dan nyaris tidak terasa saat diraba menggunakan tangan.

Bagi sebagian orang hasil sablon kaos dengan tinta superwhite mungkin terlihat jadul dan tidak menarik, karena warna sablon yang terlihat lebih redup dan tidak sejelas warna tinta rubber. Tapi bagi mereka yang memiliki jiwa seni, aplikasi sablon superwhite pada kaos mampu menampilkan unsur seni yang beda dan terlihat lebih keren.  Bagaimana menurut Anda?

sumber: http://andalasclothing.co.id

 

Comments are closed.