Sablon Kaos Separasi Voli PBVSI, Mencetak sablon kaos banyak warna dengan mudah.

Sablon kaos separasi atau dikenal juga dengan sablon CMYK adalah proses penyablonan design gambar yang menggunakan 4 perpaduan warna, yaitu Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y) dan Black (K).  Perpaduan warna dari keempat komponen tersebut bisa menghasilkan berbagai macam warna yang nantinya akan menyusun sebuah gambar deisgn secara utuh.  Sebagai contohnya, kali ini kita akan sedikit mereview kaos Voli PBVSI Jakarta Utara yang mengaplikasikan teknik separasi.

Pada sablon kaos separasi, prinsip yang digunakan adalah membuat sebuah gambar yang utuh menjadi terpisah sesuai dengan jenis warna yang menyusun gambar tersebut.  Dengan kata lain prinsip kerja alat yang digunakan mencetak design gambar berdasarkan warna per warnanya.  Inilah yang kemudian membuat film separasi menjadi sangat penting, karena harus bisa mengelompokkan dan memisahkan warna yang menyusun gambar design secara tepat agar mendekati design aslinya atau bahkan bisa sama.

Perpaduan antara warna-warna yang ada akan menghasilkan berbagai macam warna untuk menyusun sebuah design gambar.  Sebagai contoh, ketika ingin mendapatkan warna merah maka hal itu bisa dilakukan dengan memadukan antara warna yellow dengan magenta.  Perbandingan dengan prosentase yang berbeda akan menghasilkan warna yang berbeda.  Misalnya jika warna yellow 100% dipadukan dengan warna magenta 100% maka hasilnya adalah warna merah (red).

Jika memadukan magenta 60% dengan yellow 100%, maka hasilnya adalah warna orange.  Sedangkan untuk perpaduan antara magenta 20%, yellow 20% dan black 60% maka hasil warna yang didapatkan adalah dark brown.  Perlu diketahui bahwa untuk beberapa warna tertentu yang tidak bisa dihasilkan dari perpaduan warna CYMK maka akan dicetak dengan menggunakan warna khusus.

Untuk sablon kaos separasi voli PBVSI Jakarta Utara ini, bahan yang digunakan adalah Cotton Combed, dengan design gambar yang cukup menarik.  Dengan jenis bahan tersebut, hasil sablon dengan teknik screen printed pada kaos ini terlihat sangat bagus dan berkualitas.  Selain itu, perpaduan warna yang ditampilkan pun terlihat begitu harmonis.  Adapun untuk proses aplikasinya, teknik sablon separasi bisa dilakukan secara digital menggunakan komputer maupun secara konvensional atau manual.

1.       Secara digital

Untuk sablon kaos separasi yang dicetak secara digital, maka proses pembuatan film outputnya diproses menggunakan software grafis, adobe photoshop.  Dimana proses pemisahan warna sudah dilakukan secara otomatis oleh komputer sehingga printer bisa langsung menempatkannya sesuai posisi yang telah ditentukan.  Demikian juga ketika menggunakan mesin sablon, yaitu design gambar dicetak dengan menempatkan warna yang diinginkan pada titik-titik tertentu.  Dimana proses pemisahan menggunakan bantuan komputer dalam bentuk film baru kemudian dbuat plat ataupun screennya.

Yang harus diperhatikan ketika menggunakan teknik ini adalah resolusi design gambar yang akan diproses, kesesuaian kerapatan atau mesh screen, dan juga tension screen terhadap setting halftone ketika proses print film.

2.       Secara manual

Untuk keperluan sablon dengan teknik separasi, proses cetak secara menual memerlukan meja khusus agar hasilnya lebih sempurna.  Yaitu berupa meja panjang (datar atau miring) yang telah dilapisi dengan lem sebagai perekat, juga dilengkapi dengan rel yang berfungsi sebagai jalanan screen,  serta knock yang akan membatasi posisi screen.  Dengan begitu posisi dari tiap scren sablon akan sama untuk semua bahan.  Dimana pengaturan awal posisi screen akan sangat menentukan hasil akhir sablon kaos separasi. Proses ini disebut proses register. Tujuannya adalah agar tiap screen sablon berada di posisi yang sama pada saat dicetak.

Untuk proses cetaknya sendiri, menggunakan teknik 4 warna seperti yang disebutkan diatas. Proses cetak sablon dilakukan satu per satu, dImulai dari warna C, M, Y, lalu K. Cara mencetaknya seperti pada sablon kaos manual biasa dimulai dari proses pencampuran biang warna dan pasta, lalu dituang pada screen dan dicetak di kaos dengan menggunakan rakel. Jadi pada proses separasi, perbedaannya hanya terletak pada pembuatan film yang dipisah menjadi 4 warna saja.

Demikian sekilas mengenai sablon kaos manual dengan teknik separasi. Baggi rekan-rekan yang ingin membuat kaos sablon seperti ini, silahkan untuk menghubungi kami.

http://andalasclothing.co.id

Comments are closed.