Video Tutorial Sablon : Cara Cetak Film Atau Afdruk Film Pada Screen Sablon Kaos Manual

 

Untuk mencetak gambar pada kaos, diperlukan film yang dicetak pada screen sablon. Screen sablon adalah alat yang digunakan untuk mencetak tinta pada sablon, sedangkan film sablon adalah lembaran dimana design yang mau dicetak berada. Proses mencetak film ini biasa disebut dengan “afdruk film”.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Lembaran film atau “Master” film, dan minyak tanah untuk mengoles lembaran film.
2. Cairan/Obat Emulsi dan Sentisizer
3. Cairan Harter atau penguat emulsi.
4. Wadah, adukan, sendok
5. Screen Sablon
6. Alat bantu untuk mengoleskan obat emulsi ke screen sablon.
7. Hair dryer
8. Meja Afdruk

cara-afdruk-film-sablon-4

Yang pertama perlu dipersiapkan adalah lembaran film atau Master Filmnya. Lembaran film sablon bisa dibuat dari kertas kalkir, kertas mika, atau kertas biasa yang diolesi oleh minyak. Gambar yang akan dicetak pada kaos, lebih dahulu dipisahkan sesuai warna masing-masing, kemudian dicetak pada lembaran film sablon dengan warna hitam. Untuk mencetak gambar pada lembaran film bisa menggunakan printer biasa atau printer laser jet.

Setelah lembaran film sablon siap, maka berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk mencetak atau memindahkan gambar pada film tersebut ke screen sablon.

1. Cuci screen, pastikan anda menggunakan screen yang bersih, tidak ada bekas tinta, bekas obat emulsi, dan tidak sobek.
2. Siapkan Obat / Cairan emulsi. Obat emulsi adalah cairan kimia yang khusus dipakai untuk melapisi screen dalam proses pencetakan film sablon. Obat ini dapat dibeli di berbagai toko alat sablon. Tersedia berbagai pilihan merek. Merek yang umum dipakai adalah Bremol atau sering juga disebut Bremol Tex. Jika anda membeli obat emulsi ini, maka anda akan mendapatkan satu botol besar obat emulsi dan satu botol kecil sensitizer.

cara-afdruk-film-sablon-1
3. Campurkan obat emulsi dan sentisizer dalam 1 wadah dengan perbandingan 10: 1 (10 sendok emulsi : 1 sendok sensitizer). Aduk hingga merata. Agar obat emulsi bekerja maksimal, lakukan proses ini di ruangan minim cahaya atau gelap.
4. Oleskan obat emulsi yang sudah dicampur dengan sentisizer tadi ke screen sablon secara merata pada kedua sisi screen sablon. Untuk proses ini gunakan alat bantu berupa kartu atau benda tipis lainnya. Agar obat emulsi bekerja maksimal, lakukan proses ini di ruangan minim cahaya atau gelap.
5. Tunggu sampai obat emulsi pada screen mengering. Untuk pengeringan bisa menggunakan sinar matahari, atau hairdryer.
6. Letakkan lembaran film pada screen di bagian screen yang rata dengan frame.
7. Letakkan lembaran film dan frame pada meja afdruk. Tutup lembaran film yang sudah disatukan dengan screen dengan kain warna hitam, dan tindih dengan pemberat. Kain warna gelap dan pemberat diperlukan untuk membuat hasil afdruk lebih sempurna, lakukan proses ini di ruangan minim cahaya atau gelap.

cara-afdruk-film-sablon-3
8. JIka tidak menggunakan meja afdruk, lembaran film yang sudah ditempelkan pada screen bisa juga dijemur dibawah sinar matahari.
9. Tunggu selama kurang lebih 20 menit
10. Keluarkan screen yang sudah di-afdruk, lepaskan lembaran film dari screen.
11. Bersihkan screen pada bagian gambar yang di afdruk sampai obat emulsi yang terdapat pada bagian gambar rontok. Lakukan proses ini secara perlahan dan hati-hati dengan menggunakan semprotan air.
12. Tambahkan HARTER atau obat penguat afdruk emulsi secukupnya. Cairan ini dipakai untuk memperkuat cairan emulsi.

cara-afdruk-film-sablon-2
13. Screen yang sudah di-afdruk sudah siap untuk digunakan

cara-afdruk-film-sablon-5

Demikian sekilas mengenai cara afdruk screen sablon kaos. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://andalasclothing.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.