Video Tutorial Sablon Kaos Manual Dengan Pasta Rubber Sederhana

Sablon kaos pasta rubber adalah jenis sablon kaos yang paling mudah, dan paling sering ntuk digunakan dalam proses pembuatan kaos. Proses sablon kaos dengan pasta rubber ini cukup sederhana, dan bisa dengan menggunakan peralatan sablon kaos manual yang harganya relative sangat terjangkau dan mudah didapatkan dimana saja.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Polycoat
2. Binder
3. Medium Paste / Pasta Rubber
4. Softhener / Thickener
5. Wadah pengaduk
6. Biang warna / coloring agents
7. Screen Sablon yang sudah di-afdruk
8. Rakel
9. Kaos Polos
10. Papan / Triplek sablon
11. Hair dryer
12. Mesin Press

Tahapan:
1. Campurkan medium paste / pasta rubber dengan Polycoat, dan Binder. Polycoat digunakan untuk menjaga agar hasil sablon tidak luntur dan Binder digunakan agar hasil sablon tidak rontok setelah dicuci. Perbandingan antara medium pasta dengan polycoat & binder adalah 10: 1. (10 sendok medium pasta + 1 sendok polycoat + 1 sendok binder.
2. Jika campuran terlalu kental dan ingin di-encerkan atau ingin membuat hasil sablon tipis maka bisa ditambahan softhener untuk membuat campuran lebih encer dengan perbandingan kurang lebih se-persepuluh dari medium paste.
3. Jika campuran terlalu encer dan ingin di-kentalkan atau ingin membuat hasil sablon lebih tebal maka bisa ditambahkan thickener dengan perbandingan kurang lebih se-persepuluh dari medium paste.
4. Masukkan biang warna secukupnya sampai mendapatkan warna yang diinginkan.
5. Siapkan kaos polos yang sudah dipasang pada papan. Untuk menempelkan kaos pada papan diperlukan lem yang sudah dioleskan pada papan. Tempelkan bagian kaos yang ingin di-sablon pada papan yang sudah diberi lem. Pastikan kaos menempel secara merata pada permukaan papan.
6. Siapkan screen sablon yang sudah di-afdruk
7. Siapkan rakel untuk mencetak biang warna pada kaos.
8. Tuangkan medium pasta rubber yang sudah dicampur tadi pada screen sablon dan mulailah menggerakkan rakel keatas dan kebawah dengan tekanan yang sama agar hasil sablon merata. Kemiringan rakel adalah 45 derajat untuk hasil sablon yang maksimal.
9. Untuk proses menyablon ini bisa menggunakan alat bantu meja sablon untuk hasil yang lebih presisi atau bisa juga langsung tanpa alat meja sablon, atau sering disebut dengan system todong.
10. Angkat screen, dan keringkan kaos yang sudah di-sablon.
11. Jika design yang akan disablon lebih dari 1 warna maka ulangi langkah ke 7-10 untuk warna-warna selanjutnya.
12. Press dengan mesin press dengan panas 160 derajat selama 60 detik.
13. Kaos siap digunakan.

Demikian sekilas mengenai cara sablon kaos sederhana dengan pasta rubber dan kaos polos. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://andalasclothing.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.